Selasa, 10 Oktober 2017

Mahkamah Konstitusi di Dunia

A.   MONGOLIA
Konstitusi : Constitution of Mongolia
Pasal dan bunyi Pasal :
BAB LIMA
Mahkamah Konstitusi Mongolia
Pasal enam puluh empat
1.  Mahkamah Konstitusi adalah organ yang melakukan pengawasan tertinggi atas pelaksanaan Konstitusi, yang membuat penilaian atas pelanggaran ketentuan dan penyelesaian perselisihan konstitusional. Ini akan menjadi jaminan ketaatan ketat terhadap Konstitusi.
2.  Pengadilan Konstitusional dan anggotanya dalam pelaksanaan tugasnya hanya tunduk pada Konstitusi dan tidak tergantung pada organisasi, pejabat atau orang lain.
3.  Independensi anggota Mahkamah Konstitusi dijamin oleh jaminan yang diatur dalam Konstitusi dan undang-undang lainnya.
Pasal enam puluh lima
1.  Mahkamah Konstitusi terdiri dari 9 anggota. Anggota Mahkamah Konstitusi diangkat oleh Negara Ikh Khural untuk jangka waktu enam tahun setelah pencalonan tiga orang tersebut oleh Negara Ikh Khural, tiga oleh Presiden dan sisanya oleh Mahkamah Agung.
2.  Anggota Mahkamah Konstitusi adalah warga Mongolia yang telah mencapai usia empat puluh tahun dan memiliki kualifikasi politik dan hukum yang tinggi.
3.  Ketua Mahkamah Konstitusi dipilih dari 9 anggota untuk jangka waktu tiga tahun dengan suara mayoritas di antara anggota Mahkamah Konstitusi. Ketua Mahkamah Konstitusi bisa terpilih kembali satu kali.
4.  Jika Ketua atau anggota Mahkamah Konstitusi melanggar undang-undang, dia dapat dilepas jabatannya oleh Negara Ikh Khural berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi dan atas saran lembaga yang mencalonkannya.
5.  Presiden, anggota Negara Ikh Khural, Perdana Menteri, anggota Pemerintah dan Mahkamah Agung tidak menjadi anggota Mahkamah Konstitusi.
Pasal enam puluh enam
1.  Mahkamah Konstitusi memeriksa dan menyelesaikan perselisihan konstitusional dengan Inisiatif sendiri berdasarkan petisi dan informasi yang diterima dari warga negara atau di Permintaan dari Negara Ikh Khural, Presiden, Perdana Menteri, Mahkamah Agung dan Jaksa Agung.
2. Mahkamah Konstitusi, sesuai dengan Ayat 1 Pasal ini, harus membuat dan mengajukan kesimpulan kepada Ikh Khural Negara mengenai:
1) kesesuaian hukum, keputusan dan keputusan lain dari Negara Ikh Khural dan Presiden, serta keputusan Pemerintah dan perjanjian internasional dimana Mongolia adalah pihak dalam Konstitusi;
2) kesesuaian referendum nasional dan keputusan dari otoritas Pemilu Pusat tentang pemilihan Negara Ikh Khural dan anggotanya serta pada pemilihan Presiden dengan Konstitusi;
3) apakah Presiden, Ketua dan anggota Negara Ikh Khural, Perdana Menteri, anggota Pemerintah, Ketua Mahkamah Agung dan Jaksa Agung telah melanggar hukum;
4) apakah dasar pengangkatan Presiden, Ketua Negara Ikh Khural dan Perdana Menteri dan untuk penarikan kembali anggota Negara Ikh Khural ada.
3.  Jika sebuah kesimpulan diajukan sesuai dengan sub-paragraf 1 dan 2 dari Paragraf 2 Pasal ini tidak diterima oleh Negara Ikh Khural, Mahkamah Konstitusi akan memeriksa kembali dan membuat keputusan akhir.
4.  Jika Mahkamah Konstitusi memutuskan bahwa undang-undang, keputusan dan keputusan lain dari Negara Ikh Khural dan keputusan Presiden serta Pemerintah dan perjanjian internasional dimana Mongolia merupakan salah satu pihak dan ketentuannya bertentangan dengan Konstitusi, maka undang-undang, keputusan, instrumen Ratifikasi dan keputusan yang dimaksud dianggap tidak valid.
Pasal enam puluh tujuh
Keputusan Mahkamah Konstitusi berlaku secara langsung semenjak adanya Keputusan Mahkamah.
Nama lembaga penegak konstitusi : The Constitutional Court (Tsets) of Mongolia
Fungsi Lembaga : menjaga struktur dasar konstitusi Mongolia dan menjaga ideologi bangsa Mongolia
Batu Uji : Konstitusi Mongolia
Kekuatan Yudisial : berlaku secara langsung semenjak adanya Keputusan Mahkamah. Perkara yang diputus oleh Mahkamah Konstitusi didasarkan pada ideologi negara, kepentingan publik, kebijakan sosial dengan alasan melanggar konstitusi.
Pihak-pihak : Masyarakat (petisi), Parlemen Mongolia, Presiden, Perdana Menteri, Mahkamah Agung dan Jaksa Agung.

B.   MALAYSIA
Konstitusi : The Federal Consitution
Pasal dan bunyi Pasal :
Pasal 4. 
(1) Konstitusi ini adalah hukum tertinggi Federasi dan setiap undang-undang yang disahkan setelah Hari Kemerdekaan yang tidak sesuai dengan Konstitusi ini, sejauh ketidakkonsistenan, tidak berlaku lagi.
(2) keabsahan hukum apapun tidak akan dipertanyakan atas dasar bahwa -
(A) hal itu memberlakukan pembatasan atas hak yang disebutkan dalam Ayat (2) Pasal 9 namun tidak berkaitan dengan hal-hal yang disebutkan di dalamnya; atau
(B) pembatasan tersebut diberlakukan seperti yang disebutkan dalam Klausul (2) Pasal 10 namun pembatasan tersebut tidak dianggap perlu atau perlu dilakukan oleh parlemen untuk tujuan yang disebutkan dalam Pasal tersebut.
(3) keabsahan undang-undang yang dibuat oleh parlemen atau Badan Legislatif suatu Negara tidak akan dipertanyakan atas dasar bahwa hal tersebut membuat ketentuan sehubungan dengan masalah apapun yang dengannya parlemen atau, seperti kasusnya, Legislatif dari Negara tidak memiliki wewenang untuk membuat undang-undang, kecuali dalam persidangan untuk sebuah deklarasi bahwa undang-undang tersebut tidak berlaku di lapangan atau -
(A) jika undang-undang tersebut dibuat oleh parlemen, dalam persidangan antara Federasi dan satu atau lebih Serikat;
(B) jika undang-undang tersebut dibuat oleh Legislatif suatu Negara, dalam proses antara Federasi dan Negara tersebut.
(4) prosiding untuk sebuah pernyataan bahwa undang-undang tidak sah di atas tanah sebagaimana dimaksud dalam ayat (3) (bukan proses yang termasuk dalam paragraf (a) atau (b) dari Klausul) tidak akan dimulai tanpa cuti hakim Pengadilan Federal; Dan Federasi berhak menjadi pihak dalam proses tersebut, dan karenanya setiap Negara yang akan atau mungkin menjadi pihak dalam proses diajukan untuk tujuan yang sama berdasarkan ayat (a) atau (b) dari Klausul tersebut.
Pasal 75
Jika setiap undang-undang negara tidak sesuai dengan undang-undang federal, undang-undang federal harus berlaku dan undang-undang negara harus, sejauh ketidakkonsistenan, tidak berlaku lagi.
Pasal 125A.
(1) tidak dengan berdiri apapun yang terkandung dalam Konstitusi ini, dengan ini dinyatakan bahwa-
(A) Hakim Ketua Pengadilan Federal dan hakim Pengadilan Federal dapat menjalankan semua atau semua kewenangan hakim Pengadilan Tinggi dan hakim pengadilan tinggi;
Pasal 126.
Pengadilan Federal, Pengadilan Banding atau Pengadilan Tinggi berhak untuk menghukum penghinaan terhadap dirinya sendiri (institusi).
Pasal 128 ayat (1) huruf a.
Pertanyaan apakah undang-undang yang dibuat oleh Parliement atau oleh Legislatif Negara tidak sah karena ia membuat ketentuan sehubungan dengan masalah yang berkaitan dengan Parliement atau, seperti kasusnya, Legislatif Negara tidak memiliki kekuasaan Membuat hukum
Nama lembaga penegak konstitusi : Pengadilan Federal
Fungsi Lembaga :  Pengadilan Federal memiliki yurisdiksi dalam menetukan keabsahan sebuah hukum dengan pertimbangan hal ini berkaitan dengan persoalan di luar kewenangan parlemen dan legislasi negara bagian dalam membuat hukum. Ketika pertanyaan mengenai dampak undang-undang berada dalam proses pengadilan di pengadilan yang lain, Pengadilan Federal memiliki yurisdiksi untuk menentukan pertanyaan dan membatalkan perkara pada pengadilan lain sesuai dengan ketentuan Pengadilan Federal.
Batu Uji : Penjaminan terhadap hak dasar warga Negara dan kesetaraan sebagai warga negara
Kekuatan Yudisial : -
Pihak-pihak : -

C.   AFGANISTAN
Konstitusi : The Constitution of the Islamic Republic of Afghanistan
Pasal dan bunyi Pasal :
Pasal 157
The Independent Commission for supervision of the implementation of the Constitution shall be established in accordance with the provisions of the law. Members of this Commission shall be  appointed by the President with the endorsement of the House of People.
(Komisi Independen untuk pengawasan pelaksanaan UUD ditetapkan sesuai dengan ketentuan undang-undang. Anggota Komisi ini diangkat oleh Presiden dengan pengesahan Dewan Perwakilan Rakyat.)
Nama lembaga penegak konstitusi : The Independent Commission for supervision of the implementation of the Constitution (ICOIC)
Fungsi Lembaga : for supervision of the implementation of the Constitution/to interprete the constitution and conduct constitutional review of laws, facilitating the dialogue between courts, particularly for the elaboration and protection of human rights
(Untuk pengawasan pelaksanaan konstitusi / menafsirkan konstitusi dan melakukan peninjauan kembali undang-undang perundang-undangan, memfasilitasi dialog antar pengadilan, terutama untuk penjabaran dan perlindungan hak asasi manusia.)
Batu Uji : The Constitution of the Islamic Republic of Afghanistan
Kekuatan Yudisial :
Pasal 129
- In issuing decision, the court is obligated to state the reason for its verdict. All final decisions of the courts shall be enforced, except for capital punishment, which shall require Presidential approval. (MA) (Dalam mengeluarkan keputusan, pengadilan berkewajiban untuk menyatakan alasan putusannya. Semua keputusan akhir dari pengadilan harus diberlakukan, kecuali hukuman mati, yang memerlukan persetujuan Presiden).
      Lihat ketentuan dalam UU MK Afganistan (belum bisa diakses)
Pihak-pihak : President, Parliament, Supreme Court (MA), Independent Human Rights Commission, Independent Election Commission, Independent Administrative Reform Commission.

D.   ARMENIA
Konstitusi : The Constitution Of The Republic Of Armenia
Pasal dan bunyi Pasal :
.........
Pasal 97 :
-   Saat mengelola peradilan, hakim dan anggota Mahkamah Konstitusi bersifat independen dan hanya tunduk pada Konstitusi dan undang-undang.
-   Jaminan untuk pelaksanaan tugas mereka dan dasar dan prosedur tanggung jawab hukum yang berlaku bagi hakim dan anggota Mahkamah Konstitusi ditetapkan oleh undang-undang.
-   Hakim dan anggota Mahkamah Konstitusi tidak dapat ditangkap, disebut sebagai terdakwa, dan dikenai kewajiban administratif melalui proses peradilan kecuali dengan persetujuan Dewan Kehakiman atau Mahkamah Konstitusi.
-   Hakim dan anggota Mahkamah Konstitusi tidak ditahan kecuali kasus-kasus yang tertangkap dalam flagrante delicto. Dalam kasus tersebut, Presiden Republik dan Presiden Pengadilan Kasasi atau Mahkamah Konstitusi, karenanya, segera diberitahu segera penangkapan tersebut.


Pasal 100 :
Mahkamah Konstitusi harus, sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh undang-undang:
1. menentukan kepatuhan hukum, keputusan Majelis Nasional, keputusan dan perintah Presiden Republik, keputusan Perdana Menteri dan badan-badan pemerintahan daerah setempat dengan Konstitusi;
2. Sebelum ratifikasi perjanjian internasional menentukan kepatuhan terhadap komitmen yang diatur dalam Konstitusi;
3. menyelesaikan semua perselisihan yang timbul dari hasil referendum;
    3.1. Menyelesaikan semua perselisihan yang timbul dari keputusan yang diambil sehubungan dengan pemilihan Presiden Republik dan Deputi;
4. menyatakan hambatan yang tidak dapat diatasi atau dieliminasi untuk calon Presiden Republik;
5. memberikan kesimpulan tentang adanya alasan untuk memberhentikan Presiden Republik;
6. memberikan kesimpulan tentang ketidakmampuan Presiden untuk melaksanakan tanggung jawabnya;
7. memberikan sebuah kesimpulan untuk memberhentikan hak anggota Mahkamah Konstitusi, untuk menahan anggotanya, dengan menyetujui untuk memberi nama anggota tersebut sebagai terdakwa, dan juga mengadakan pengadilan agar tunduk pada tanggung jawab administratif;
8. memberikan kesimpulan yang berfungsi sebagai dasar penghapusan Kepala Komunitas;
9. dalam kasus yang ditentukan oleh undang-undang mengadopsi keputusan untuk menangguhkan atau melarang kegiatan partai politik.
Nama lembaga penegak konstitusi : The Constitutional Court of The Republic of Armenia
Fungsi Lembaga :
Pasal 100 :
Mahkamah Konstitusi harus, sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh undang-undang:
1. menentukan kepatuhan hukum, keputusan Majelis Nasional, keputusan dan perintah Presiden Republik, keputusan Perdana Menteri dan badan-badan pemerintahan daerah setempat dengan Konstitusi;
2. Sebelum ratifikasi perjanjian internasional menentukan kepatuhan terhadap komitmen yang diatur dalam Konstitusi;
3. menyelesaikan semua perselisihan yang timbul dari hasil referendum;
3.1. Menyelesaikan semua perselisihan yang timbul dari keputusan yang diambil sehubungan dengan pemilihan Presiden Republik dan Deputi;
4. menyatakan hambatan yang tidak dapat diatasi atau dieliminasi untuk calon Presiden Republik;
5. memberikan kesimpulan tentang adanya alasan untuk memberhentikan Presiden Republik;
6. memberikan kesimpulan tentang ketidakmampuan Presiden untuk melaksanakan tanggung jawabnya;
7. memberikan sebuah kesimpulan untuk memberhentikan hak anggota Mahkamah Konstitusi, untuk menahan anggotanya, dengan menyetujui untuk memberi nama anggota tersebut sebagai terdakwa, dan juga mengadakan pengadilan agar tunduk pada tanggung jawab administratif;
8. memberikan kesimpulan yang berfungsi sebagai dasar penghapusan Kepala Komunitas;
9. dalam kasus yang ditentukan oleh undang-undang mengadopsi keputusan untuk menangguhkan atau melarang kegiatan partai politik.
Batu Uji : The Constitution Of The Republic Of Armenia
Kekuatan Yudisial :
Pasal 102
-  Mahkamah Konstitusi akan mengambil keputusan dan kesimpulan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang diatur dalam Konstitusi dan Undang-Undang tentang Mahkamah Konstitusi.
-   Keputusan Mahkamah Konstitusi bersifat final dan mulai berlaku setelah diterbitkan.
-   Mahkamah Konstitusi dapat mengambil keputusan yang menetapkan istilah selanjutnya karena membatalkan tindakan normatif yang bertentangan dengan Konstitusi atau bagian daripadanya.
-   Pada hal-hal yang diatur dalam Pasal 1-4 dan 9 Pasal 100 Konstitusi, Mahkamah Konstitusi akan mengambil keputusan pada hal-hal yang diatur dalam Poin 5-8, akan mengeluarkan kesimpulan. Kesimpulan dan keputusan mengenai hal-hal yang diatur dalam Poin 9 harus diadopsi paling sedikit dua pertiga dari jumlah anggota sementara keputusan yang tersisa diadopsi oleh mayoritas suara yang sederhana.
-   Jika kesimpulan Mahkamah Konstitusi bersifat negatif, maka masalah tersebut harus dihapus dari lingkup kompetensi badan yang bersangkutan.

Pihak-pihak : - 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar