Jumat, 27 Maret 2009

shalat sunnah ghairu muakkad

Shalat sunnah ghairu muakkad adalah shalat yang biasa didirikan nabi Muhammad SAW,tetapi beliau tidak menganjurkan sebagaimana pada sunnah muakkad. Sunnah ini mencakup :

· Dua rakaat setelah dhuhur disamping dua rakaat yang muakkad.

Nabi SAW pernah bersabda : “ siapa yang shalat empat rakaat sebelum dhuhur dan empat rakaat setelahnya, Allah mengharamkan ia jatuh ke neraka “ (HR. Abu Daud). Tampaknya engkau segera merespon hadist tersebut :” Sesungguhnya amal tergantung pada niat” (HR. Bukhori, Muslim dan Ibnu Majah).

· Empat rakaat atau dua rakaat sebelum ashar.

Nabi SAW bersabda, “ Semoga Allah memberi rahmad kepada orang yang shalat sunnah empat rakaat sebelum ashar” ( HR. Tirmidzi ) dan sayyidina Ali meriwayatkan bahwa nabi SAW biasa shalat dua rakaat sebelum ashar.( HR. Abu Daud ).

· Dua rakkat sebelum maghrib.

Rasulullah SAW bersabda :” shalatlah dua rakaat sebelum maghrib” kemudian beliau mengulang “shalatlah dua rakaat sebelum maghrib “ kemudian pada yang ketiga kalinya beliau menambahkan “ bagi yang mau “. ( HR. Bukhari ).

· Dua rakaat sebelum isya’.

Nabi SAW bersabda “ diantara dua adzan ada shalat, diantara dua adzan ada shalat”, beliau kemudian menyatakan “ bagi yang mau. “( HR. HR. Bukhori ).

Nabi Muhammad SAW tidak menganjurkan shalat ini sekuat shalat muakkad. Kadang beliau melaksanakannya dan kadang beliau meninggalkannya. Namun semua itu penting untuk memperpeka kalbu seorang muslim, bukankah demikian?

( dari buku “ Meminta dan Mencinta, Cara Menikmati Salat, Doa, Dzikir, Haji dan Baca Qur’an”. Karya Amru Muhammad Khalid. Terbitan Serambi Ilmu Semesta, Desember 2006 )

4 komentar:

  1. al-Qobani alu iyad12 Maret 2010 pukul 14.02

    gimana..tu koq fotonya ditampilkan mbak..
    apakah termasuk sunnah juga melihat wajah bernyawa....ki..ki.kikikiki

    BalasHapus
  2. al-Qobani alu iyad12 Maret 2010 pukul 14.08

    mbak..dibahas habis donk.. tentang sunnah muakadnya...
    kita tunggu ya.. makasih.. wasslam

    BalasHapus
  3. Mau tanya kak, tentang perbedaan shalat muakkad sama ghairu muakkad apa ya? Makasih

    BalasHapus
  4. terima kasih, sangat bermanfaat ilmu agamanya

    BalasHapus